HOME Submenu 1 Submenu 2 Submenu 3 Submenu 4 Submenu 5 Submenu 6 Submenu 7 Submenu 8 Submenu 9

Sabtu, 18 Mei 2013

belajar mesin motor

BELAJAR MESIN MOTOR Part 1 (KINERJA MESIN 2 TAK)

Yang dimaksud dg motor 2 tak ( two stroke) adalah proses kinerja/langkah yang dilakukan sebuah mesin untuk dapat menghasilkan sebuah tenaga. dari mulai masuknya bahan bakar hingga terbakarnya bahan bakar hanya dilakukan dalam 2 tahapan/langkah.
Perhatikan gambar dibawah.


Langkah pertama disebut dengan UPSTROKE. Yaitu naik nya posisi piston keatas dati TMB (titik mati bawah) menuju TMA (titik mati atas) yang sekaligus terjadinya proses sbb:
  1. A. Masuk nya bahan bakar karena terjadinya kevakuman ruang crankcase akibat dari pergerakan piston dari TMB ke TMA. sehingga bahan bakar terhisap ke ruang crankcase.
  1. B. Terbukanya Valve/katup dikarenakan kevakuman diruang crankcase
  1. C. Tertutupnya ruang transfer bahan bakar karena terhalang oleh body piston
  1. D. Dikarenakan pergerakan piston dati TMB menuju TMB. Diruang bakar Piston menghasilkan tekanan tinggi mengalami yang disebut dengan proses KOMPRESI (bahan bakar yang di kompres atau mengalami tekanan tinggi karena pergerakan piston). Yang kemudian busi menyulutkan api untuk membakar bahan bakar yang telah terkompresi yang akan menghasilkan sebuah ledakan dan tenaga yang akan membuat dorongan kuat ke piston untuk kembali ke TMB

Langkah kedua disebut dengan DOWNSTROKE. Yaitu terjadinya dorongan kuat dari ledakan bahan bakar yang membuat piston kembali dari TMA menuju ke TMB. Prosesnya sebagai berikut.
  1. E. Turunnya piston dari TMA menuju ke TMB menghasilkan tekanan tinggi yang membuat Valve/katup tertutup dan mendorong bahan bakar menuju ruang transfer
  1. F. Terbukanya pintu keluar ruang transfer bahan bakar. Dan dilalui bahan bakar karena dorongan piston menuju ke ruang bakar
  1. G. Masuknya bahan bakar segar menuju ruang bakar sekaligus mendorong keluar sisa bahan bakar (asap) menuju lubang pembuangan yang berakhir ke knalpot

Demikian penjelasan tentang kinerja mesin 2tak/two stroke. mudah2an bahasa penyampaiannya bisa dimengerti. semoga bermanfaat.
ane siap menjawab setiap pertanyaan di thread ini.

UPDATE

BELAJAR MESIN MOTOR part 2 (KENERJA MESIN 4 TAK)

Yang dimaksud dg motor 4 tak ( 4 stroke) adalah proses kinerja/langkah yang dilakukan sebuah mesin untuk dapat menghasilkan sebuah tenaga. dari mulai masuknya bahan bakar hingga terbakarnya bahan bakar hanya dilakukan dalam 4 tahapan/langkah.
Perhatikan gambar dibawah.


Tahapan pertama disebut INDUCTION. Adalah tahapan masuknya bahan bakar ke ruang bakar melalui proses sbb:
1. Diawali dengan bergeraknya pston dari TMA (titik mati atas) menuju TMB (titik mati bawah)
2. Terbukanya klep in (inlet valve)
3. Masuknya bahan bakar menuju ruang bakar melalui inlet

Tahapan kedua disebut kompresi (cpmpression). adalah terjadinya pemadatan bahan bakar yang menghasilkan tekanan tinggi atau disebut dengan cara HIGH PRESSURE. setelah melalui proses sbb:
1. bergeraknya piston dari TMA menuju TMB
2. Terjadinya pemadatan bahan bakar yang menghasilkan tekanan tinggi

Tahapan ketiga disebut POWER. adalah terjadinya ledakan tinggi yang disebabkan dari percikan api dari busi yang membakar bahan bakar yang telah memiliki tekanan tinggi dan menghasilkan tenaga yang kuat untuk mendorong piston kembali ke TMB. setelah melalu proses sbb:
1. Saat posisi piston yang berada di TMA ( titik mati atas )
2. Bahan bakar yang telah memiliki tekanan tinggi akibat proses kompresi/compression.
3. Busi yang memerdikan api yang akhirnya membakar habis bahan bakar yang telah terkompresi dan menghasilkan tenaga

Tahapan keempat disebut EXHAUST. adalah proses keluarnya sisa pembakaran bahan bakar keluar ruang bakar. yang melalui proses sbb:
1. Bergeraknya piston dari TMB (titi mati bawah) menuju kembali ke TMA ( titik mati atas)
2. Terbukanya klep buang (exhaust vakve)
3. Terdorongnya sisa bahan bakar yang telah terbakar (berupa asap) menuju exhaust karena terdorong oleh pergerakan piston.

Setelah proses EXHAUST mesin 4 STROKE akan kembali mengulangi proses INDUCTION dan seterusnya.
Demikian penjelasan dari KINERJA MESIN 4 TAK/ 4 STROKE. Mudah mudahan bahasanya mudah dimengerti.
Bila ada kesempatan akan dilanjutkan lagi ke BELAJAR MESIN MOTOR part selanjutnya.
makasih dah mampir
Attached Images
File Type: bmp 4stroke.bmp (1,21 MB, 2821 views)

0 komentar:


BB( BeatBox ) templates by C-BTemplates .Desain by Cahyo wicaksono